Header Ads Widget

Wow! Ilmuan Temukan Tanda Kehidupan Di Planet Venus

Nga Nyangka Juga, Ada Kehidupan Di Planet Tetangga...


Planet Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari Matahari lho!  Karena planet venus sering muncul pada pagi dan sore hari. Planet ini mengorbit matahari selama 224,7 hari bumi (data wikipedia), Venus tak memiliki satelit alami. Dalam mitologi Romawi, ia dinamakan sebagai dewi cinta. Ia merupakan planet dengan permukaan terpanas di tata surya. Planet venus ini juga dikenal sebagai bintang fajar atau bintang senja. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Ia mempunyai warna putih kekuningan
  • Memiliki jarak 108 juta km dari matahari
  • Memiliki Diameter 6.052 km
  • Berotasi melawan arah jarum jam


Bukan nya mars yang sering di bicarakan tetapi Venus sungguh tidak tertuga jika planet ini mempunyai tanda tanda kehidupan. Percayakah kalian kalau di planet yang mempunyai suhu yang sangat panas sampai 465° Celcius juga banyak mengandung asam sulfat serta  mempunyai tekanan tinggi ini mempunyai tanda tanda kehidupan di dalamnya?

Para ahli menemukan tanda tanda kehidupan pada planet yang paling terpanas di tata Surya kita ini, ya itu para ahli menemukan suatu zat yaitu fosfin, fosfin sendiri adalah zat yang biasanya di buat di laboratorium atau yang di hasil kan oleh mikroba hal ini yang membuat para ahli menyatakan bahwa ada tanda tanda kehidupan di planet Venus karena tidak mungkin ada laboratorium di planet itu jadi mereka menduga kalau yang menghasilkan zat itu ada lah mikroba. 

Di amati dengan teleskop James clerk maxwell telescope di Hawai, Amerika serikat sebelum di konfirmasi ulang menggunakan teleskop radio Atacama large millimeter/submillimeter array di Chili.



Bagaimanakah caranya ada yang hidup di suhu sepanas itu??? Jawabannya adalah di atas permukaan planet itu yaitu sekitar beberapa kilometer, di tengah awan nya itu mempunya suhu yang agak mirip seperti bumi yang tidak terlalu panas , sama seperti salah satu ilmuan pernah mengatakan : 

"Mungkinkah ada kehidupan di awan-awan venus"

-Carl sagan,1967

Karena ini lah para ahli mengatakan ada tanda tanda kehidupan di Venus di sebabkan ada zat fosfin, tetapi Venus bukan lah tujuan utama dari pencarian kehidupan di luar bumi, tujuan utama tetap lah masih planet mars ya planet merah yang di gadang gadang akakn menjadi rumah baru bagi manusia.

Posting Komentar

0 Komentar