Header Ads Widget

Seberapa Penting Kesehatan Mental Bagi tubuh Kita?

Seberapa Kuat Mental Kita Menghadapi Hidup?


Kalian mungkin mempunyai teman yang selalu ceria, mempunyai fisik yang keren, dan akrab di depan banyak orang, tetapi di balik itu semua, dia mempunyai mental yang buruk, seolah sedang menutupi kesedihan. Atau mungkin kalian yang mengalami nya? Kalian semua harus tau, bahwa kesehatan mental itu sangat penting bagi tubuh manusia, karna kesehatan mental bisa memengaruhi fisik, sementara fisik belum tentu memengaruhi mental.



Bagaimana Agar Mental kita Tetap Sehat?

Kesehatan mental bisa berdampak pada psikologis, emosional, juga kejidupan sosial. Semua hal itu lah yang menetukan bagaimana pola pikir kita dalam banyak segi. Orang yang mempunyai gangguan mental tetapi ia menutupi nya, itu akan berbahaya bagi dirinya dan orang lain, sementara yang terbuka akan lebih sedikit resiko sehingga bisa cepat sembuh.

Kesehatan mental akan lebih penting dar pada fisik, maka dari itu coba lah kalian mengikuti tips berikut agar mental kalian selalu sehat.

1. Menyayangi diri sendiri

Kesehatan mental akan tergantung pada salah satu aspek ini, karna bagaimana kita bisa menyayangi diri kita adalah kunci nya. Mulai dari kesehatan tubuh, hingga spritual dan pola pikir. Hindari hal yang bisa merusak nya, seperti bermain game berlebihan, memakan makanan yang memicu penyakit, memaksakan diri untuk terlihat hebat, juga menjaga protokol kesehatan kawan.

2. Menjaga hubungan sosial

Kalau kita punya hubungan sosial yang baik, mulai dari teman hingga keluarga, maka itu sudah menjadi pelindung kita untuk menjauhi kerusakan mental, stress. Ini terbukti, karna kalau kita mempunyai masalah yang terasa berat dan menjadi beban di kepala, kita bisa mencurhatkan hal itu kepada orang terdekat kita, keluarga misal nya, sehingga beban tersebut akan berkurang. Kita juga bisa mengurangi stress melalui agama, tergantung agama kalian masing-masing, itu lah penting nya mempunyai agama.

3. Stress itu dilawan bukan dibiarkan

Stress tak bisa kita hindarkan, karna setiap orang pasti mempunyai masalah. Tetapi kita meminimalisir stress tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, seperti tarveling, menarik nafas dalam-dalam, meditasi dan masih banyak lagi. Cara tersbut akan membuat kita mudah mengendalikan emosi, juga pikiran kita akan lebih jernih.

Nah, kalau cara-cara di atas tak efektif untuk memperbaiki mental kalian, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter atau psikolog.


Posting Komentar

0 Komentar