Header Ads Widget

Rasa Takut Dan Cara Mengatasi Nya Bagian 1

Kalian pernah takut sama apa kawan?


Kita semua pastilah pernah merasa takut, padahal sebelum nya kalian sudah tau kalau kalian akan takut. Seperti saat kita menonton film horror, membaca buku misteri ketemu anjing galak, ke kamar mandi malam-malam, apa lagi saat berkemah. Ya, begitulah manusia. Namun mengapa kita bisa mempunyai rasa takut itu? apakah rasa takut hanyalah sebuah penyakit? soal nya rasa takut pada suatu objek di setiap orang berbeda-beda, ada yang takut ada yang tidak, Atau bagaimana sih? Yuk kawan kita cari tahu di artikel ini!.



Rasa takut itu apasih?

Umum nya setiap orang mempunyai rasa takut akibat trauma atau sebab yang belum jelas, seperti kita pernah di cakar kucing, atau kita yang keseringan nonton film hantu. Kalian semua pastilah pernah mendengar istilah fobia, fobia merupakan kondisi keterbatasan dimana kita merasa sangat cemas atau takut pada suatu hal, ada yang mengalami fobia normal, juga fobia parah. Fobia ada beracam jenis, misal nya ailurphobia (takut kepada kucing),  eremophobia (takut jika sendirian), dan masih banyak fobia lainya.

Fobia tak mengenal umur untuk menyerang manusia, baik anak kecil hingga dewasa. Kalian yang terkena suatu penyakit phobia perlu mendatangi dokter atau psikolog untuk mengatasi nya.


Mengapa kita punya rasa takut?

Saat kita merasa takut, ada duahal yang berperan untuk kita mempunyai rasa takut tersebut, yang pertama panca indera dan yang kedua adalah otak kita. Misal nya telinga yang mendengar suara ketawa di malam hari, lalu otak kita akan menambah nya dengan khayalan, ini lah mengapa penting nya pola pikir. Saat di otak, informasi yang kita dapat melalui telinga akan diproses oleh amygdala, ia adalah pusat emosi pada otak. Jika informasi yang kita cerna adalah ketakutan, maka amygdala secepat nya mengirim sinyal pada otak. 

Dan setelah sinyal tersebut diterima otak, maka tubuh kita akan melepas hormon kortisol yang membuat kita menjadi waspada, dan akibat nya kita akan menjadi cemas.


Rasa takut itu perlu lo kawan!

Kata siapa rasa takut itu perlu? kata gue lahh!, hehehe becanda, tapi betulan kok rasa takut itu memang perlu kawan, karna ia akan membuat kita lebih waspada sehingga peluang kita besar untuk terhindar dari bahaya. Coba aja lo pada bayangin kalau ada ular beracun dikamar kita malah santai, bisa berabe urusan. seperti yang sering gue bilang, semua hal akan baik jika dipakai sesuai takaran dan keadaan nya, jadi rasa takut yang berlebihan tentu akan menambah masalah. Untuk bisa melawan rasa takut sendiri kita perlu ilmu yang luas, sehingga saat dikejar anjing kita tau harus ngapain.

Yuk jadi pemberani!

buat kalian yang mau tips jadi pemberani baca artikel part 2 ya...

Posting Komentar

0 Komentar