Header Ads Widget

Mengapa Kita Perlu Belajar Kimia?

Apa Cuma Gue Yang Belajar Kimia Kepala Nya Meledak?

Hai! Apakah kamu suka dengan pelajaran kimia? tahukah kamu apa kimia itu? Apa manfaatnya bagi kehidupan dan apa sih serunya? Mari kita bahas.

Tak semua orang menyukai kimia, bahkan ada yang membenci pelajaran yang satu ini karena kesulitan dalam memahami materinya. Tapi tenang, setelah membaca artikel ini kamu akan paham apa peran kimia dalam kehidupan dan mungkin minat dengan pelajaran kimia.

Pernahkah kamu melihat percobaan sains? Pernahkah kamu melihat cara kerja pembangkit listrik tenaga nuklir? Atau…hmm…contoh sederhana saja deh..,pernahkah kamu memakan roti? Pasti pernah kan, kalau tidak untuk sarapan, dijadikan cemilan juga oke. Tahukah kamu, roti adalah campuran dari air, tepung, ragi, dan garam yang mengalami reaksi kimia yaitu proses fermentasi sehingga jadilah sebuah roti. Kimia bukan hanya pelajaran di sekolah saja, kimia ada dalam kehidupan kita. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali semuanya berkaitan dengan kimia, Lalu, apa sih kimia itu?



Berikut Beberapa pendapat mengenai definisi kimia dari sumber yang kami temui,

Menurut Branly, kimia adalah sebuah ilmu yang memahami atau mengenali suatu bahan-bahan kimia. Kimia ini bukanlah suatu zat abstrak yang harus ditakuti oleh manusia, karena kimia ini terdiri dari bahan yang ada di sekitar kita. Kimia ini juga dapat di definisikan sebagai ilmu murni yang pada dasarnya mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi di antaranya dan perubahan energi yang berhubungan yang disebabkan adanya perubahan alam. Pendapat ini ia kemukakan pada tahun 1994.

Menurut Irfan Anshory, kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energi yang menyertai perubahan materi tersebut. Pendapat ini ia kemukakan pada tahun 2000.

Menurut Oxford, kimia adalah Cabang ilmu yang berkaitan dengan substansi yang materi dikomposisikan, menyelidiki sifat dan reaksi mereka, dan melihat sebuah reaksi untuk membentuk zat-zat baru.

Menurut Wikipedia, Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Kimia tak hanya ada pada laboratorium dengan unsur-unsur yang ada disana, atau pada kandungan makanan dan minuman yang kita konsumsi. tetapi kimia ada di setiap unsur kehidupan. 

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Vitamin A


Kimia terbagi secara umum menjadi beberapa cabang. Ada kimia analitik, biokimia, kimia anorganik, kimia organik, dan kimia fisik. Kelima bidang kimia ini terbagi lagi kedalam beberapa cabang yang lebih mendetail. Seperti enzimologi, endokrinologi, biokimia klinik, biokimia molekuler, kimia koordinasi, geokimia, streokimia, elektro kimia, kimia nuklir dan masih banyak lagi. Banyaknya cabang kimia dikarenakan perkembangan zaman yang setiap saat penuh kejutan dan tiada habisnya untuk dikaji.

Para ilmuwan telah banyak memberikan perubahan pada dunia, Tak hanya ilmuwan kimia saja, mereka terus meneliti demi kesejahteraan umat manusia. Teknologi canggih yang mempermudah pekerjaan manusia, berbagai macam obat ditemukan untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit, alat transportasi yang mempermudah manusia menuju ke suatu tempat, alat komunikasi yang semakin canggih sehingga jarak dan waktu bukan lagi sebuah halangan ketika ingin berinteraksi dengan seseorang yang jauh. Bahkan ditengah pandemi seperti sekarang kita masi bisa merasakan manfaat dari itu semua itu semua.

Semoga pandemi ini segara berakhir dan kita semua bisa beraktifitas seperti sedia kala.

Posting Komentar

1 Komentar