Header Ads Widget

Fakta Unik bumi Yang Jarang Diketahui

Bumi Itu Bulat Apa Kotak Sih?


Planet bumi memiliki banyak misteri yang belum banyak orang ketahui. Terdapat hal aneh, unik, dan sekaligus mengagumkan. Bumi kita ini sangat luas dan sangat banyak hal atau misteri di dunia ini yang belum terpecah kan. Disini kita akan membahas tentang bumi yang jarang orang ketahui. Berikut adalah beberapa hal unik yang terdapat dibumi kita ini. 



1. Waktu Menjadi Semakin Lama

Karena efek bulan terhadap bumi planet kita ini berputar semakin lama semakin lambat. Tetapi pertambahan waktu di bumi ini hanya sekitar 17 milidetik setiap 100 tahun. Jadi akan membutuh kan waktun sekitar 140 juta tahun sebelum durasi waktu bertambah sekitar 1 jam. Namun dengan hal itu artinya pada zaman dinosaurus masih hidup hanya ada 23 jam dalam sehari. 

2. Kita Hidup Berdampingan Dengan Salah Satu Satelit Terbesar

Bulan yang ukuran nya hanya seperempat ukuran bumi, lumayan besar jika dibandingkan dengan satelit lain. Tapi ada fenomena unik di diluar sana yang hanya satu-satunya di alam semesta, yaitu planet pluto atau bisa disebut dengan planet kerdil ini memiliki satelit yang ukuran nya hampir setengah dari dari planet nya. Ada lebih dari 150 satelit diluar di tata surya kita dan bulan termasuk satelit terbesar di antara satelit lainnya.

3. Bumi Tak Sepenuh Nya Bulat

Isaac Newton pertama kali berpendapat bahwa bumi itu tidak bulat sempurna pada tahun 1687. Dan seperti ide Newton lain nya ini ternyata benar. Pada dasar nya kita tinggal di bola kempes atau kurang angin. 

4. Kita Berputar Dengan Kecepatan Yang Berbeda

Coba bayangkan kamu memutar bola dengan jarimu. Titik bagian tengah bola memakan waktu lebih lama untuk berputar kembali ke awalnya dibandingkan titik tempat jarimu berada. Bumi berputar dengan cara yang sama. Orang yang berada di tengah Afrika berputar dengan kecepatan 1609km/jam saat bumi berotasi. 

Sementara orang di Kutub selatan sama sekali tidak berputar atau berotasi di tempat. Disaat yang sama kita bergerak sangat cepat diluar angkasa karana planetb kita  ini bergerak mengitari matahari pada kecepatan 108.000 km/jam.

5. Kekutan Gravitasi Berbeda Di Semua Tempat

Batu, metal, dan meneral lainnya serta semua hal yang membentuk planet terkumpul di bawah tanah dengan lebih padat di area tertentu dibandingkan tempat lainnya. Dampaknya pun menakjubkan. Kekuatan gravitasi sedikit berbeda-beda tergantung tempat kamu berada. 

Beratmu berkurang 0,5 persen saat berdiri di khatulistiwa dibandingkan  dikutub. Umumnya perbedaan nya kurang dari 0,5kg. Ketinggian juga mempengaruhi berat kalian, jadi bila kalian berada di puncak gunung Everest beratmu akan berkurang sedikit. 

Posting Komentar

0 Komentar