Header Ads Widget

7 Tips Merawat Kucing Yang Wajib Diketahui

Kalian Punya Kucing? Udah Betul Belum Nge Rawat Nya?


Hai pembaca,di kesempatan kali ini gue bakal berbagi tips buat kalian para pecinta kucing, siapa sih yang tidak mengenal kucing? Yap,kucing adalah hewan liar karnivora yang sering kalian jumpai dan dapat kalian pelihara, tidak sedikit orang yang memeliharanya karena kelucuan dan keimutannya. Tapi merawat kucing tidak sembarangan lho,kebanyakan orang berpikir kalau kucing adalah hewan yang mandiri,namun kucing tetap saja butuh perawatan yang baik agar tetap sehat. Kucing bisa dipelihara di kandang atau tanpa kandang. 

Bila merawat kucing tanpa kandang, si kucing tentu bisa leluasa bermain ke mana saja, namun sebaiknya, kalian memperhatikan kebersihannya agar si kucing tetap dalam keadaan sehat dan bersih. Tapi bagaimana caranya? Yuk simak tips dan ulasan dibawah ini...!



1. Memahami kebutuhan makannya

Kucing membutuhkan makanan yang sesuai dengan porsinya agar tidak terlalu gemuk atau malah terlalu kurus. Porsi makan kucing biasanya sebesar 2 persen dari berat tubuhnya,kalau berat badannya sekitar 5 kilogram,berarti dia memerlukan 100 gram perhari,tetapi bukan untuk sekali makan, biasakan memberi makannya 2 kali sehari. Sementara anak kucing membutuhkan pakan yang lebih banyak lagi,yaitu sekitar 4 kali bahkan 6 kali sehari.

2. Kucing adalah hewan karnivora

Kucing adalah hewan yang bersaudara dengan harimau,singa,cheetah,dan sejenisnya.  Hewan hewan ini termasuk golongan karnivora atau biasa disebut pemakan daging, jadi berikanlah makanan yang cocok dengannya.

Jangan beri kucing makanan berupa tumbuhan atau sayuran,karena susah dicerna dengan baik oleh kucing dan bisa menyebabkan si kucing muntah. Jika tidak ingin repot repot untuk menyiapkan makanannya, ada banyak pilihan makan siap saji yang dijual. Jadi kamu jauh lebih mudah untuk memberinya makan.

3. Rutin Memandikan Kucing

Bila memelihara kucing,tentu kita memperhatikan kebersihannya,salah satunya dengan membersihkannya secara teratur. Kalau kamu membiarkan kucingmu berkeliaran di luar rumah kamu harus rajin memandikannya. Gunakan alat mandi yang khusus untuk kucing seperti sabun dan shampo, agar bulu kucing tidak mudah rontok saat dimandikan

Hindari memandikan kucing dengan air panas, karena memandikan kucing dengan air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit. Karena itu, gunakanlah air dingin atau biasa saat memandikannya. Anda harus rajin mencuci gigi,telinga dan kuku kucing. Tempat tempat ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri lho, jika dibiarkan kotor hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.


4. Memperhatikan kebersihan kandang nya dengan rutin

Kucing perlu mempunyai lingkungan yang bersih dan nyaman, kalau tidak kucing akan mudah terserang penyakit. Sebaiknya, anda memperhatikan kebersihan kandang dan membersihkannya jika kandang kotor atau kucing tidak lagi nyaman dengan kandangnya.

5. Bersikap Tegas Kepada Kucing

Kucing termasuk hewan yang moody atau tidak peduli,bisa jadi kucing akan buang air sembarangan merusak barang, atau mencakar pemiliknya. Anda sebagai majikan harus tegas agar si kucing tidak ngelunjak dan tidak mengulangi lagi perbuatannya.

6. Ajarkan Kebiasaan Hidup Sehari-hari

Kucing bisa diajarkan beberapa kebiasaan baik seperti buang air pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur. Itu Semua agar ia teratur.

7. Sikat Bulu Kucing Secara Rutin

menyikat bulu kucing secara rutin dapat menghilangkan bulu/rambut mati,kuman, dan bakteri pada bulu.

Yak itulah ulasan dan tips merawat kucing dengan baik, semoga anda bisa mengaplikasikannya pada kucing di rumah anda agar kucing anda terlihat gemoy dan imut……

Sampai jumpa lageee, on next artikel!

Posting Komentar

0 Komentar