Header Ads Widget

Pegunungan Jayawijaya, Indonesia Juga Punya Salju

Siapa Yang Bilang Indonesia Tak Punya Salju? Ini Nih, Rumah Salju Di Indonesia...


Kalian pasti mengira, di Indonesia tak akan ada salju. Letak Indonesia yang berada di sekitar garis katulistiwa tidak memungkinkan terjadinya musim dingin, yang ada hanya musim hujan dan kemarau. Padahal salju hanya bisa terjadi pada musim dingin, saat suhu menjadi sangat rendah. Tapi tuggu dulu! Di salah satu di indonesia ternyata terdapat salju. Bahkan salju ini terus ada sepanjang tahun. Salju tersebut berada di puncak gunung yang sangat tinggi, yaitu Pegunungan Jayawijaya di papua, Indonesia bagian timur.

Pegunungan Jayawijaya merupakan deretan pegungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (indonesia) hingga ke Papua Newguinea di sebelah timur. Deretan pegunungan ini memiliki beberapa puncak tertinggi di indonesia dan merupakan satu-satunya pegunungan di Indonesia dengan puncak yang tertutup oleh salju abadi.



Puncak yang tertinggi ini adalah puncak Jaya atau puncak Carstenz, sering juga di sebut Cartensz Pyramide. Tinggi nya 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak Jaya termaksud dalam salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia (the 7 summit). Puncak ini lah yang di tutupi oleh salju abadi.

Nama cartensz diambil dari nama salah seorang penjelajah dari negeri Belanda, yakni Jan Cartensz. Dialah yang pertama kali melihat da melaporkan adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis, tepat nya di pulau Papua pada tahun 1623. Namun karna belum bisa dibuktikan dengan pengamatan langsung, laporan itu dianggap mengada-ngada. Sebab, bagi orang Eropa, menemukan puncak bersalju di tanah tropis adalah sesuatu yang hampir mustahil.

Tiga ratus tahun setelah nya, kebenaran Cartensz baru terungkap. Pada tahun 1899, sebuah ekspedisi Belanda membuat peta pulau Papua dan menemukan puncak gunung yang di selimuti salju sebagaimana dilaporkan oleh Cartensz. Untuk menghormati Cartensz, maka puncak gunung tersebut kemudian di beri nama sesuai namanya. Sedangkan sebutan puncak gunung Jayawijaya merupakan pemberian presiden Soekarno setelah berhasil merengkuh kedaulatan Papua Barat dari Belanda.
 

Posting Komentar

0 Komentar