Header Ads Widget

Unik Nya Bintang Bulu

Apa Itu Bintang Bulu? Ayo Kita Cari Tau...


Bintang Bulu

Gambar yang kaian di atas adalah feather star atau bintang bulu. Bintang bulu merupakan keluarga dari echinodermata. Ya kalau di istilahkan, bisa di bilang masih bersaudara dengan bulu babi, bintang laut, teripang, terumbu karang dan sejenis nya. Ia juga sering di sebut sebagai lili laut, namanya itu di ambil dari bahasa Yunani, krinon artinya "lili" dan eidos yang artinya "berbentuk".

Dalam jenis nya, ia merupakan jenis yang paling sederhana bentuk nya. Bintang bulu bisa hidup di perairan dangkal atau kedalaman hingga 6000 meter. Saat masih kecil, bintang bulu punya 5 hingga 10 tangan, saat dewasa barulah tangan nya akan tumbuh bercabang-cabang, bisa puluhan hingga ratusan. Ibarat kata "mati satutumbuh seribu", hehehe... nga nyambung. 



Tarian Makan

Saat ia ingin menangkap makanan, bintang bulu akan menggoyangkan tangan nya seperti menari, ia mengambil makanan yang terbawa oleh arus laut, lalu memasukanya ke mulut. Yang ia makan adalah mahluk-mahluk kecil, seperti plankton, protozoa, larva, foraminifera dan lainya. Mulut nya berada di tengah kerumunan tangan nya.

Tangan-tangan berbulu

Bintang bulu mempunyai tangan yang tampak seperti berbulu, itu sudah jelas dari namanya. Nama dari bulu-bulu tersebut adaah pinnule, ia merupakan organ penting pada bintang bulu. Ia bekerjasama dengan tangan untuk menjerat makanan yang terbawa arus laut. Pinnule akan terlihat jelas ketika bintang bulu sedang merentangkan tanganya, juga saat menangkap makanan. Setelah ia menyelsaikan proses menangkap makanan, tangan nya akan menggulung, sehingga tidak akan menampakan bulu nya tersebut. 

Selain menari untuk makan, tangan-tangan nya juga di gunakan untuk berpindah tempat, mereka akan berpindah tempat ketika merasa daerah nya sudah mulai jarang di dapati makanan. Oiya selain di sebut sebagai bintang bulu. ia juga sering di sebut sebagai lili laut, namanya itu di ambil dari bahasa Yunani, krinon artinya "lili" dan eidos yang artinya "berbentuk".

Posting Komentar

0 Komentar