Header Ads Widget

Rahasia dibawah perut ibu kota

Pembuatan MRT Jakarta Merupakan Proyek Yang Membanggakan Bagi Kita, Diluar Dari Semua Itu ternyata proyek ini menyimpan rahasia lo

Tak banyak orang yang mengetahui ada banyak mesin yang berkerja dengan tenang dibawah kota jakarta, ada banyak kesibukan yang terjadi dibawah nya tanpa dirasakan banyak orang. Saat ini tentu saja proyek ini sudah jadi dan sudah banyak diperguna kan yaitu MRT kota Jakarta, ada nya fasilitas umum ini tentunya akan membantu banyak orang yang tinggal di jakarta, apa lagi kota jakarta terkenal akan kepadatan penduduk nya.


Kepanjangan MRT adalah Mass Rapid Transit. Tentunya pemerintah menyiapkan fasilitas ini bukan untuk hal yang konyol, melainkan sebagai pengurangan masalah di ibu kota. Awal dari ide ini sebenarnya sudah ada di tahun 1986, setelah diwancanakan kembali selama 25 tahun, barulah MRT ini bisa di operasikan. Yang meresemikan nya adalah presiden ke-6 republik indonesia, preside Joko Widodo meresmikan nya di CFD Bundaran HI pada minggu pagi. Sejarah awal nya, Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie lah yang pertama kali mencetuskan ide MRT ini, saat itu ia menjabat sebagai kepala badan pengkajian dan penerapan teknologi, pada tahun 1986 itu ia mengkaji empat studi untuk mewujudkan MRT.

Gunakan Bor Raksasa

Proyek besar ini bermula pada bulan agustus 2015. Proyek ini menggunakan bor raksasa untuk mebuat lorong bawah tanah, bor ini di datangkan dari negara jepang. Setiap hari nya para pekerja melakukan pengeboran sepanjang 10 meter perharinya. Hebat nya warga yang berada di atas tidak akan merasakan getaran bor tersebut.

Pekerja Ahli Dari Jepang

Para pekerja yang melakukan kerja selama 24 jam. Para pekerja ini di datangkan dari negara jepang, tentunya mereka sudah sangat profesional dalam melakukan proyek ini. Mereka merupakan ahli konstruksi. Di bawah tanah mereka di check dari segala sisi, mulai dari fisik hingga keahlian, tak hanya mereka yang diperhatikan tetapi juga kelembapan suhu tanah tersebut di pantau terus menerus, agar tidak terjadi longsor saat pengeboran, juga demi keselamatan pekerja.


Mengatasi kemacetan 

MRT jakarta setiap harinya bisa mengangkut 175.00 orang, bahkan sekarang sudah mencapai 600.000 penumpang lebih. Kata pak Dono Boestami, selaku Direktur utama MRT jakarta. Hal ini ampuh mengurangi kemcetan di jakarta. Indonesia Merupakan negara ke-4 yang menggunakan MRT di Asia Tenggara, tiga negara sebelum nya yaitu malaysia, singapore, dan thailand. Pada 24 maret 2019 MRT telah di resmikan, MRT dibandrol mencapai harga Rp 8500 - Rp 10.000. MRT dibuat melalui 13 stasiun, yang melayani rute bus Lebak Bulus. Berikut daftar stasiun nya :
  • Bundaran HI
  • Stasiun Sisingamangaraja
  • Stasiun Blok M
  • Stasiun Blok A
  • Stasiun Haji Na raya
  • Stasiun Lebak Bulus
  • Stasiun Fatmawati
Perpindahan stasiun hanya memerlukan waktu 1 menit saja.

Posting Komentar

0 Komentar