Header Ads Widget

Pompeii, Kota Yang Tertimbun

Pompeii Merupakan Sebuah Kota Zaman Romawi Kuno...


Kota ini terkenal dengan keindahan kemakmuran penduduknya. Namun akibat letusan dasyat gunung Vesuvius pada tahun 79, kota ini hancur tertimbun batuan dan debu vulkanis. Hingga 16 abad kemudian, kota ini ditemukan dan digali kembali. Kita bisa menyaksikan puing-puing bekas kota Pompeii. Kota ini terletak di dekat kota Napoli, wilayah Campania, Italia.



Sejarah

Kota Pompeii didirikan pada abad ke-6 SM oleh orang-orang Osci atau Oscan, yaitu suatu kelompok masyarakat di Intalia tengah. Dibangun di daerah aliran sungai Sarnus (Sarno), sebelah selatan gunung Vesuvius, diapit oleh kota Herculaneum and Stabiae. Pompeii tumbuh menjadi kota pelabuhan. Banyak pelaut dari Yunani dan Fenisia yang menggunakan nya. Pada 80 tahun SM, Diktaktor Lucius Cornelius Sulla dari Romawi menguasai Pompeii. Dia lalu membangun menjadi daerah wisata untuk orang-orang kaya Romawi.

Puing-puing kota Pompeii memberikan gambaran bahwa kota ini adalah kota yang sangat makmur. Banyak vila yang digunakan sebagai tempat liburan orang-orang Romawi. Ada juga Macellum (pasar raya yang menyediakan makanan), Pistrinum (penggiling gandum), Thermopolium (tempat yang menyediakan minuman), cauprioe (restoran kecil dan teater pertunjukan).


Kota Yang Tertimbun

Pada 24 Agustus 79 M, gunung Vesuvius meletus. memuntahkan awan panasa, debu vulkanis dan lava pijar yang menimbun kota Pompeii dan kota Herculaneum.  Kota bersama seluruh penduduk nya tertimbun. Pompeii pun hliang dari muka bumi. Pada tahun 1738, bekas kota Herculaneum ditemukan kembali dan digali. 

Sementara ituPompeii beru ditemukan pada tahun 1748. Kedua kota ini digali kembali dari lapisan debu tebal. Berbagai bangunan  dan isinya ditemukan dalam kondisi yang utuh. Juga fosil penduduknya yang menjadi korban. Ketika letusan terkjadi, kota Pompeii Berpenduduk sekitar 20.000 orang.

Posting Komentar

0 Komentar