Header Ads Widget

Pesawat N250 Karya BJ.Habibie Dimuseumkan Di Yogyakarta

 Pesawat Ini Sempat Nyangkut Di Gardu Tol...


Pesawat karya presiden ke-3 Republik Indonesia ini tiba di Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala, Sleman, DI Yogyakarta pada Jumat (21/8). Pesawat ini akan meramaikan koleksi di museum tersebut. Nama lengkap pesawat ini adalah N250 Gatot Koco, dari nama nya saja kita bsa tahu kalau nama pesawat ini ter-inspirasi dari Gatot Kaca, yaitu tokoh perwayangan dari wiracarita mahabharata.

Pesawat tersebut di berangkat kan dari bandung ada kamis (20/8), dan tiba  di semarang pada jumat (21/8). Pesawat bersejarah ini pernah terbang di Paris Air Show pada tahun 1997, Paris Air Show merupakan pameran-pameran teknologi udara dan industri dirgantara terbesar di dunia.




Sempat Nyangku Di Gardu Tol

Agar pesawat pesawat ter sebut mudah dipindahkan, pesawat tersebut pun di pisah menjadi beberapa bagian. Kabar nya saat di angkut dengan truk besar, pesawat tersebut sempat tersangkut di Gardu Tol Banyumanik, Semarang. Tetapi itu hanyalah sebuah perkiraan, karna truk yang mengangkut pesawat tersebut sudah berhenti sebelum melewati gardu itu. Akhir nya truk tersebut pindah ke Gardu Tol paling kanan yang lebih besar dan meyakinkan.

Pesawat yang pernah menjadi kebanggan indonesia tersebut secara resmi melakukan proses serahterima Muspusdirla Yogyakaryta pada 25 Agustus. Acara serahterima tersebut dihadiri oleh orang penting, juga para petigggi TNI disana.


Gatot kaca mempunyai arti ksatria yang bisa terbang, sementar itu N250 mempunyai arti,

N: Nusantara
2: 2 Mesin
50: Kapasitas penumpang

Sumber: kumparan.com

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Mahakarya anak bangsa ini semestinya dikembangkan bukan dimusiumkan. Bukankah kita sekarang lagi menggaung-gaungkan tagline cintai dan gunakan produk dalam negeri? Sedih membaca berita ini.

    BalasHapus
  2. Dengan adanya pesawat itu, anak-anak muda mendapatkan inspirasi dan semangat untuk lebih berkembang dan maju. Anak bangsa bisa melakukan hal yang setara dengan negara lannya. Terima kasih Pak Habibie.

    BalasHapus
  3. Semoga dapat menginspirasi anak-anak muda agar bisa seperti beliau. Beliau membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin!

    BalasHapus
  4. Andaikan aja ya dulu indonesia direalisasikan pabrik pesawat, pasti bakal jadi indonesia maju sih

    BalasHapus
  5. Harusnya kita malah kecewa kalo pesawat n250 ini dimuseumkan. Karena seharusnya pesawat itu mengudara :(

    BalasHapus
  6. Baru tahu sama pesawat ini. Jadi pengen datang ke museumnya, pasti asik banget liat barang-barang lama termasuk pesawat bikinan eyang :D

    BalasHapus
  7. Sangat disayangkan, jika pesawat ini tidak diproduksi lagi. yang lebih sedih lagi Rancangan R-80 akan dibatalkan, padahal sudah banyak donatur untuk membuat pesawat R-80.
    Sungguh sulit untuk membuat Negara Ini Menjadi Negara Maju, karena banyak Penghambat yang datang dari semua sisi.

    BalasHapus
  8. Mahakarya anak bangsa yang diabadikan di museum..
    Kalo inget cerita perjuangan bj habibi untuk buat pesawat di Indonesia tuh sangat Luar biasa..

    >>iotomagz<<

    BalasHapus