Header Ads Widget

Madagaskar, Pulau Terbesar Keempat Di Dunia

Pernah Kah Kalian Dengar Nama Madagaskar? 

Mendengar kata madagaskar, mungkin yang terbayang dalam benak kalian adalah hutan lebar dengan sekumpulan binatang liar. Atau sebuah pulau tanpa penghuni. 

Madagaskar adalah  nama pulau terluas ke empat di dunia. Letaknya di sebelah timur benua Afrika, dipisahkan oleh selat Mozambique. Luasnya 587.041 km² dengan pesisir pantai sepanjang 4.828 km. Madagaskar merupakan pulau vulkanik tua. Meskipun dekat dengan afrika, tapi ia terpisah dari lempeng Afrika . Kebanyakan tanahnya bewarna merah, Menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk. Puncak tertinggi di Madagaskar adalah puncak maromokotro yang berada di bagian utara. Tinggi nya 2,876 meter di atas permukaan laut. Ada juga pegunungan ankaratra besar, yang terletak di sebelah selatan ibu kota Antananarivo. Tingginya 2.643 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA: Laut Merah, Berdarah Kah?

Antananarivo

Antananarivo adalah ibu kota dan kota terbesar di Madagaskar. Terletak di bagian tengah negara pulau tersebut, 144 km dari pesisir timurnya. Antananarivo bermakna "Kota seribu" (arivo=seribu). Pada masa penjajahan Perancis, kota ini disebut Tananarive.

Antananarivo didirikan sekitar tahun 1625. Pada 1797 dia menjadi ibu kota kerajaan suku merina. Antananarivo menjadi bagian dari protektorat Perancis di Madagaskar, Sehingga nuansa bercorak Perancis kini masih kental di kota ini.

Penduduk Asli Indonesia

Madagaskar merupakan negara republik yang merdeka dari penjajahan prancis sejak tahun 1960. Pada masa penjajahan disebut dengan negara Malagasy.


Kalian tau nga kawan, Penduduk asli Madagaskar diyakini berasal dari indonesia dan afrika yang berlayar mencapai pulau itu sejak jaman dahulu. Bahasa tradisional penduduk nya yaitu bahasa Merina Malagasy (bahasa asal Melayu-Indonesia).

"Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara khususnya dari Kalimantan Selatan (suku Banjar), dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi." kata wikipedia

Lemur

Lemur adalah primata khas Madagaskar. Bentuk nya menyerupai kera, tapi memiliki hidung yang lebih panjang,btelinga lebar, dan ekor yang panjang. Mereka hidup di pepohonan dan hutan-hutan Madagaskar. Makanan utamanya adalah buah-buahan, daun-daunan. dan beberapa jenis lemur memakan serangga.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Jadi inget penguin of madagascar yang dijailin terus sama raja julian

    BalasHapus
  2. waw, menambah wawasan pengetahuan umum, ini keren, ternyata lemur asalnya dari madagaskar

    BalasHapus
  3. Lagi-lagi dari Nusantara nih. Terus yang jadi pertanyaan saya. Penghuninya kan dari Nusantara tuh yang pertama, apakah sekarang di sana masih banyak WNI atau mungkin punya kayak kampung khusus orang Indo di sana?

    BalasHapus
  4. Saya tau nama Madagascar dari kartun Madagascar, ternyata pulau Madagascar luas sekali. nggak nyangka kalau menempati posisi ke sebagai pulau terbesar di dunia

    BalasHapus
  5. unik ya mas pulau nya, jadi pengen pergi ke sana nih mas aku

    BalasHapus
  6. Nice info gan. Saya selalu bercita-cita mengelilingi Dunia. Sepertinya Madagaskar adalah alternatif mengunjungi negara tersebut. Aminn

    BalasHapus