Header Ads Widget

Laut Merah? Berdarah Kah?

Laut Merah? mengapa di bilang begitu? 
Ayo Kita Ungkap Sejarah Nya!


Dalam kisah-kisah nabi, Laut Merah dikenal sebagai laut yana diseberangi Nabi Musa dan para pengikutnva saat menyelamatkan diri dari kejaran Firaun. Dengan petunjuk Allah, Nabi Musa memukulkan tongkatnya. Laut pun terbelah, sehingga Nabi Musa dan para pengikut nya bisa menyeberang dengan tenang. laut Merah terletak antara Jazirah Arab di sebelah timur dengan Idaratan Afrika di sebelah barat Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez.

Penamaan

Laut ini dikenal dengan nanma Laut Merah atau Red Sea dalam bahasa Inggris dan Bahr al-Ahmar dalam bahasa Arab. Dulu, orang Eropa lebih senang menamakannya dengan 'Teluk Arab" (Arabian Gulf atau Sinus Arabicus). Sebenarnya air Laut Merah tidak beda dengan air laut yang lain. Namun kadang kadang muncul warna merah di permukaannya. Warna merah ini muncul akibat adanya ganggang laut jenis Trichodesmiumerythraeum.

Penjelasan penielasan ilmiah menyebutkan warna merah di permukaan nuncul akibat aktivitas ichodesmium erythraeum yang berkembang Biasanya setelah mati ganggeng itu akan mengubelh warna alr dari biru kehijauan menjadi cokeiat kemerahan Namun warna tersebut tidak metekat dengan air, dan tidak nmuncul di seluruh pemukaan lautan. Laut Merah merupakan salah satu laut yang memiliki kadar garam tertinggi. Penyebabnya adalah tingkat penguapan yang tinggi dan sedikitnya masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam Laut Merah mencapai 40 ppm (pat per milion)

Posting Komentar

0 Komentar