Header Ads Widget

Bolehkah Begadang?

 Hayoo Siapa Yang Suka Begadang?  


Begadang meruapakan kegiatan yang mengharus kan kita untuk tidak tidur kurang dari 6 jam pada malam hari. Begadang sebenar nya di bolehkan saja karna beberapa alasan, namun untuk sebagian orang begadang akan memberikan bahaya bagi kesehatan. Kita sebagai manusia normal biasa nya membutuh kan waktu tidur minimal 8 jam, karna ketika tidur otak akan memberikan tanda pada tubuh untuk melepaskan hormon, hormon tersebut bisa membantu kita untuk menurunkan resiko kondisi kesehatan yang buruk, mengatur imunitas kita, hingga berpengaruh pada memori otak kita.

Banyak orang melakukan kegiatan begadang karna beberapa alasan, mulai dari hal yang nga penting hingga penting. Entah karana mengerjakan tugas sekolah, tugas kantor, nonton bola, main game, atau mungkin karna terkena penyakit insomnia



Dibalik dampak negatif begadang, tentu akan ada sisi postif nya. Saat begadang, tingkat konsentrasi kita pada sore atau malam hari akan lebih baik, hal itu dikarenakan imunitas orang yang suka begadang cenderung kuat dan bisa bertahan untuk lembur. Saat begadang otak kita juga akan lebih rileks untuk bekerja, kalau misal ya kita lihat banyak orang yang stres setelah begadang, itu mungkin dikarenakan ia telah bekerja pada siang hari, karna itu saat malam hari ia akan merasa lelah dan tubuh nya butuh istirahat.

Menurut hasil riset orang yang suka begadang merupakan orang yang memiliki nalar dan kreatifitas yang baik, karna bagi sebagian orang ia akan menemukan banyak inspirasi pada saat begadang.


Setelah kalian mengetahui sisi baik dari begadang, kalian juga harus tau sisi buruk nya. Tentunya akan lebih condong pada topik kesehatan, saat begadang akan banyak penyakit berbahaya yang mengintai kita, penyakit tersebut ada yang menimbulkan efek ringan hingga berat. Berikut beberapa bahaya yang akan menyerang tubuh kita saat begadang,

Kanker Hati

Saat begadang, bagi orag yang mempunyai sistem imun yang lemah tentu daya tahan tubuh nya akan menurun, sehingga menyebabkan proses penteralan racun pada organ hati akan menurun juga. Sehingga racun yang ada pada tubuh kita bisa saja menyebabkan kanker hati.

Diabetes Melitus Tipe 2

Beberapa ilmuan telah berhasil melakukan riset bahwa kadar gula darah kita juga bisa dipengaruhi oleh pola tidur kita. Saat kita kurang tidur, sel-sel lemak ditubuh kita yang merespon hormon untuk mengatur metabolisme tubuh akan terganggu, sehingga memicu adanya peyakit diabetes.

Obesitas

Ghrelin dan leptin merupakan hormon yang terdapat pada tubuh kita, mereka berguna sebagi pengatur nafsu makan, begadang akan menggangu kedua hormon tersebut sehingga menyebabkan ketidak stabilan pada nafsu makan.

Cukup sekian terimakasih, kalau ada salah silahkan beri opini kalian di kolom komentar :)

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Ane waktu begadang kok tetep aja ya gan ga ada rasa-rasa nafsu makan meningkat :( padahal katanya bisa bikin obesitas

    BalasHapus
  2. Kalo kata bang roma irama begadang jangan begadang bila tak ada gunanya..
    Kalo ada gunanya ya boleh aja. Hehehe

    >>iotomagz<<

    BalasHapus
  3. Saya termasuk yang suka bergadang, apalagi sambil merokok dan minum teh ditemani sambil main laptop. tapi yang namanya begadang akan terasa tidak enak badan dan menurunnya stamina kedepannya.

    Enaknya begadang itu, jika sedang belajar di bidang IT, pasti konsentrasinya Full dan Fokus.

    BalasHapus
  4. Begadang boleh-boleh saja, tetapi alangkah baiknya tidur malamnya dipercepat agar bisa bangun dini hari untuk mengerjakan tugas-tugas kita.

    BalasHapus
  5. Saya dahulu seringkali bergadang. sampai sekarang pun mungkin iya beberapa hari dalam seminggu. dibalik dampak negatif yang ditumbulkan. saya tertarik dengan dampak positif begadang. antaranya menumbuhkan kreatifitas. hehe.
    Ternyata ada baiknya Juga

    BalasHapus
  6. Saya ikut lagunya bang Roma aja. Begadang boleh saja asal ada perlunya. Apalagi kalau saya untuk jaga anak yang mash bayi, hehe.

    BalasHapus
  7. Bahayanya lumayan juga nih. Harus dikurangi lagi soal begadang. Tapi ketika kita kerja masuk shift malam gimana ya efeknya

    BalasHapus