Header Ads Widget

Belajar Dengan Mind Mapping

Coba Belajar Dengan Mind Mapping Yuk...


Mind mapping merupakan sebuah metode untuk mempermudah manusia dalam untuk mengerti suatu objek ilmu. Metode ini menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan.
Pertama kali metode mind mapping di perkenalkan oleh seorang ahli pengembang potensi manusia dari inggris, nama nya Tony Buzan, ia memperkenalkan nya pada tahun 1974.




Manarik Perhatian Otak Kiri Dan Kanan

Kalau kita artikan, mind mapping mempunyai arti peta pikiran. Peta pikiran biasanya di gunakan orang untuk mengambil poin dalam suatu materi dan di jadikan menarik agar menambah keseruan dan mempermudah kita mempelajari sesuatu. Makanya mind mapping ini bisa menyeimbangi otak kiri dan kanan.

Jadi gini, menurut penelitian, otak kanan itu biasa di gunakan untuk hal yang kita dapatkan secara alami dan akan bekerja lebih rileks, misal nya seperti imajinasi dan kreativitas. Nah, kalau otak kiri biasa di gunakan untuk hal-hal yang umum nya kita pelajari, seperti membaca, menulis dan berhitung. Gambar pada mind mapping akan berguna untuk otak kanan, sementara tulisan untuk otak kiri, gabungan dari kedua ini lah yang membuat mind mappig mudah untuk di pahami.



Buat Mind Mapping Yok!

Kalau kalian mau mencoba untuk membuat mind mapping, kalian harus tau apa yang mau kalian bahas. Misal nya, seperti gue sekarang yang masih SMP, gue akan membahas pelajaran IPA tentang bagian-bagian pada tumbuhan. Pertama-tama kalian harus menyiapkan kertas dan pensil warna, bisa juga pena, mind mapping nya tidak harus ber warna, tetapi jika ingin lebih menarik boleh di pakai. 

Dari topik yang mau kita bahas, ambil tema utama nya lalu tulis se unik mungkin di tengah-tengah kertas. Setelah itu, buat lah garis atau cabang yang menjadi bagian divisi dari tema tersebut. Dari cbang tersebut kita bebas mau buat cabang lagi, usahakan tidak terlalu  berbelit-belit, supaya mudah di lihat. Setelah kalian mengetahui cara nya, ketahui juga manfaat nya.

Manfaat Mind Mapping
  1.  Materi akan lebih mudah di pelajari
  2.  Materi yang awal nya rumit, akan lebih mudah di mengerti
  3.  Melatih konsentrasi
  4.  Lebih cepat paham

Posting Komentar

1 Komentar