Header Ads Widget

Barakuda, Predator Dari Lautan

Satu Lagi Ikan Yang Cukup Menyeramkan...


Namanya Barakuda. Ikan ini terdapat di perairan tropis dan sub tropis, seperti Samudera atlantik, Samudera hindia, dan Samudera pasifik. kan Barakuda dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran cukup besar. Ada kira-kira 18 jenis spesies Barakuda yang tersebar di seluruh dunia.

Spesies Barakuda terkecil berukuran panjang 46 cnm, sedangkan Barakuda terbesar panjangnya bisa mencapai 180 meter, lebar tubuhnya sekira 30 cm, dan beratnya mencapai 45 kilogram. Tubuhnya ditutupi oleh sisik-sisik yang halus. Barakuda adalah ikan predator
la memangsa hewan-hewan laut yang lebih kecil. Namun tak jarang juga, ia memangsa ikan yang ukurannya sama besar. Ikan Barakuda memiliki kepala yang meruncing, mulutnya lebar, giginya sangat tajam, dan rahangnya sangat kuat, Sangat cocok untuk berburu.

Bergerak Cepat

Tubuhnya yang panjang dan ramping, memungkinkan Barakuda mampu bergerak sangat cepat. la mampu berenang dengan kecepatan hingga 58 km per jam. la berburu dengan cara mencegat mangsanya, mengejarnya dengan cepat, lalu menangkapnya dengan mulutnya yang lebar. Barakuda betina meletakkan telur-telurnya di perairan terbuka yang dangkal. Anak-anak ikan Barakuda tinggal di daerah yang lebih dangkal dan terdapat banyak  
tumbuhan airnya. Barakuda kecil hidup secara berkelompok, Setelah dewasa, mereka lebih sering hidup sendiri-sendiri. 

Sebagai mana hiu, Barakuda juga cukup ditakuti para penyelam lautan. Sebelum menyerang barakuda akan berdiri diam dari jarak jauh, dan tiba-tiba syut...ia meluncur menyerang si penyelam. Barakuda mudah tertarik dengan benda-benda yang mengkilap. Ia akan mengangap nya sebagai ikan keil yang siap di mangsa. Karenanya penyelaman disarankan untuk tidak memakai barang-barang yang mengkilap.
 

Posting Komentar

0 Komentar