Header Ads Widget

5 tips hindari obesitas

Obesitas, Penyakit Yang Memancing Penyakit...


Obesitas artinya memiliki kelebihan lemak dalam tubuh. Tidak semua orang gemuk yang mengalami obesitas. Ada orang yang gemuk karna tulang di tubuhnya besar. Nah, biasanya berat orang yang mengalami obesitas jauh dari berat tubuh orang ideal. Berikut rumus menghitung berat badan ideal, 

( Berat Badan Ideal = umur x 2) + 8 usia 1-10 tahun) 

Obesitas kalau dibiarkan bisa sangat berbahaya. Tubuh yang terlalu gemuk gampang terkena penyakit. Misal nya darah tinggi, kolestrol, diabetes, dan banyak lagi. Kalau dari pengalaman saya sendiri, menurut saya kita akan menjadi lambat dan susah bergerak,bisa juga membuat kita sesak nafas. Obesitas banyak penyebab nya, Misal nya karena kalori yang masuk ketubuh kita lebih banyak dari pada kalori yang dikeluarkan . Akibatnya, kalori makanan tersebut menumpuk menjadi lemak. Apa lagi kalau kita jarang bergerak dan tidak rutin ber olahraga, maka kita akan mudah mengalami kenaikan berat badan. Tubuh yang sering bergerak akan membakar kalori.

Maka dari itu kami merangkum 5 tips sehat agar terhindar dari obesitas, berikut tips nya:

1. Bermain di halaman rumah 

Banyak hal yang bisa kita lakukan di luar rumah, seperti bermain bola, memanjat pohon, berpetualang ke semak-semak dekat rumah, hingga bagi yang suka membaca bisa pergi ke perpustakaan terdekat menggunakan sepeda.

2. Batasi menggunakan alat elektronik dalam rumah

Gadget atau televisi memang bisa menghibur kit, tetapi bila terlalu sering di gunakan, kita akan menjadi malas, sehingga kalori tubuh kita tak terbakar dan menumpuk menjadi lemak.

3. Membantu orang tua membereskan rumah

Membantu orang tua bisa membuat kita sering bergerak, sehingga kalori yang ada dalam tubuh kita bisa terbakar. Kita bisa melakukan kegiatan yang membantu orang tua di rumah seperti, menyapu, mengepel lantai, mencabut rumput, mebereskan ruang tamu, hingga kamar kita sendiri.

4. Rutin berolahraga secara teratur

Kita bisa memilih olahraga kesukaan kita, seperti bermain bola, gym, berlari, berenang. Biar pun begitu, kita harus melakukanya secara teratur, kalau tidak justru akan ada efek buruk nya. Kalau admin suka nya berenang, kalian apa kawan? komen di bawah ya.

5. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Kita tak boleh mkan makanan  ringan terlaru sering, itu akan membuat kita cepat terkena obesitas. Sebagai pengganti cemilan, kita bisa memakan buah-buahan, dan sebagai pengganti makanan cepat saji seperti steak, sate, batagor, perbanyak lah makan sayuran.

Ingat! jangan lupa sarapan pagi, sarapan akan membuat tubuh kita bertenaga saat berktivitas, kalau kita memakan sarapan yang cukup, bisanya kita tak akan terlalu banyak makan pada siang dan malam hari.

Sepertinya hanya itu saja tips yang bisa saya berikan, jaga kesehatan ya kawan!.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mantap gan tipsnya biar tidak terlalu gemuk hehe lebih lebih untuk mencegah agar tidak obesitas. Terimakasih gan

    BalasHapus
  2. cocok nih min buat aku nih, aku agak gendut nih hehehe

    BalasHapus
  3. Menurut saya olahraga si yang paling penting, apalgi bermain udah nggak trlalu cocok untuk bpak2😂

    BalasHapus
  4. Saya malah dulu wakti kecil kurus banget, yg pasti ga bakal obesitas.
    Tapi setelah umur diatas 30 tahun malah jadi gemuk, tapi ga sampai obesitas sih, akhirnya saya rutiin aja pola makannya.

    BalasHapus