Header Ads Widget

Intip versi jadul rio de janeiro di indonesia

Unik Nya Kampung Warna-Warni Di Indonesia yang berawal Dari Daerah kumuh Dan Kotor


Terletak di JL.Jodipan dan JL.Ksatrian, Kota madya Malang, Jawa Timur. Terdapat dua kampung, yaitu kampun warna-warni dan tridi, kedua kampung ini dibatasi oleh sungai brantas. Kampung ini sempat viral beberapa tahun lalu, sampai sekarang pun dijadikan tempat wisata. Kampung yang unik dan indah ini juga pernah menjadi tempat syuting film yang cukup terkenal, yaitu film yowis ben yang dibintangi oleh Bayu Skak. Dulunya, saat sebelum di modifikasi, perkampungan ini merupakan daerah yang kumuh dan kotor serta padat penduduk. Namun setelah terpikirnya rencana oleh mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata) dari universitas muhammadiyah malang kampung ini langsung berubah menjadi objek wisata buatan yang kreatif dan keren. kalau kita perhatikan baik-baik, dari hasil foto drone tersebut, kampung yang satu di cat dengan modell warna yang bercampur, sementara kampung yang satu lagi lebih bisa dikatakan dengan desain warna cat yang berjajar.      


 
Setelah kampung jodipan menjadi indah, mereka mengubah namanya menjadi kampung warna warni. Namun setelah itu, warga kampung di JL.Ksatrian yang ada di seberang nya juga ingin kamupung mereka dibuat menjadi indah. Setelah berita itu sampai ke pabrik cat Decofresh, pabrik tersebut langsung memberikan bantuan kepada warga JL.Kstarian. Alhirnya kedua kampung tersebut sama-sama terlihat indah. Dan utuk membedakanya, kampung JL.Ksatrian diberi nama kampung tridi atau tiga dimensi.


Mahasiswa universitas muhammadiyah malang tersebut ditugaskan untuk mencari sebuah daerah yang kumuh. Bersama enam temanya kak Nabila Firdausyah menjadi pemimpin atas proyek tersebut. Saat mereka sedang mencari-cari daerah yang tepat sebagai target, mereka menemukan kampung jodipan. setelah mereka membuat riset tentang kampung tersebut, mereka langsung memiliki ide mengecat kampung itu denga cat berbagai macam warna agar terlihat indah. Meraka sangat beruntung, karna proyek mereka di bantu oleh pabrik cat Decofresh sebanyak 2,5 ton termaksud dengan tukang cat nya. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung kalian bisa berintaraksi dengan warga sekitar dan bebas berfoto di tempat yang telah disediakan.



Selain mengubah daerah kumuh menjadi indah, proyek ini juga mencatat sejarah. Kedua kampung ini di hubungkan dengan jembatan kaca yang berada di atas sungai, yang konon katanya menjadi jembatan kaca pertama di indonesia. Panjang nya 10-11 meter, dengan ketinggian delapan meter.

"Memang ini di yakini yang pertama di indonesia, apa pernah lihat ditempat lain? saya kira tidak pernah"kata salah satu warga di situ.

Gimana? tertarik untuk berkunjung nga kawan?

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Pengen banget kesana, cuma sudah ga sempat, apalagi kalo di Video dan difoto pake drone dari atas.

    BalasHapus
  2. Ide bagus dan briliant. Berkat inisiasi mahasiswa UMM. Kampung kumuh disulap menjadi indah. Dan baru tau klo ini bagian program kerja KKN.

    BalasHapus
  3. Temen saya yang kuliah di malang keknya sering deh main disini. Keren emang tempatnya uwuwu

    BalasHapus
  4. ini kayak yang buat shooting film yowis ben ga sih? apa emang ini emang kampung yang buat shootingnya.. sama sama di malang soalnyaa

    BalasHapus
  5. Keren deh...semoga gak hanya citra saja yg terlihat indah. Semoga kehidupan masyarakatnya juga berkah

    BalasHapus
  6. Dulu waktu ke Malang saya jumpa pula dan kagum. Sayangnya saya ga mampir karena terhalang waktu dan cuaca, jadi sedih rasanya mengingat keindahan akan representasi seninya

    BalasHapus
  7. Unik min kampungnya, semoga dapat menginspirasi banyak orang-orang kreatif di indonesia #Amin

    BalasHapus
  8. Kemarin awal februari 2020 sempat kesana. Memang luar biasa kampungnya. Apalagi masyarakat sudah sadar terhadap pariwisata. Mantap

    BalasHapus