Header Ads Widget

Ekstrem nya berkemah di ketinggian

Berkemah itu seru lo kawan, tapi apakah kalian tau kalau kita bisa berkemah di tebing tinggi?



Siapa coba yang tidak tau berkemah?, anak yang suka pramuka pasti kenal dong kegiatan yang satu ini. Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukai kegiatan ini karna kurang seru. Padahal menurut admin lumayan seru tuh. Nah, bagi kalian yang merasa kalau berkemah kurang seru kalian bisa mencoba yang lebih ekstrem lagi. yaitu berkemah di atas ketinggian, kalian bisa berkemah di dalam tenda yang di gantung di dinding tebing.


Tidur dia atas tenda yang mengantung

Yap, tenda yang menggantung, olah raga ini di sebut dengan portaledge camping, yaitu kalian akan melakukan aktivitas yang biasa di lakukan untuk berkemah, hampir semua aktivitas di lakukan di sana. Seperti makan kalian akan membawa makanan yang instan, tidur, bersantai, buang air kecil, terkecuali jika ingin bakar api unggun ya kawan. Tentu saja kegiatan ini memerlukan tenda yang sudah di desain khusus, kalau pake tenda biasa bisa-bisa kita bakalan jatuh, ibaratkan komputer salah program jadi eror. tenda yang di buat bukan hanya bisa menahan beban dan menggantung, tetapi juga bisa untuk menahan cuaca dingin hingga  badai salju. Sebelum peradaban modern, kegiatan ekstrem ini sudah dilakukan sejak dulu, tepatnya pada tahun 1950. Saat itu banyak dilakukan ekspedisi besar memanjat tebing, dan untuk memanjat tebing yang tinggi dan curam akan memakan waktu lebih dari satu hari, di tempat tertentu biasanya badai salju akan datang, sehingga ekspedisi harus dihentikan. Tentu saja para pendaki butuh tempat istirahat.


Saat matahari tumbang di ufuk barat, Para pendaki langsung mencari tebing yang bagus untuk di jadikan tempat berkemah. Portal ledge camp pun di lakukan. Dulu tenda masih di rasakan kurang nyaman untuk di pakai untuk portaledge camp, hingga pada tahun 1980 barulah di buat desain tenda yang aman nyaman untuk melakukan portaldege camp ini. Hingga sekarang, standar desain nya pun masih di pakai. Kualitas akan sangat berpengaruh pada keselamatan ekspedisi, maka dari itu  tenda ini di desain dengan alas yang kuat, tali yang dapat di atur, dan kain pelindung tahan air yang di sebut stormfly. ukuran nya juga cukup lapang untuk beraktifitas, bahkan kita bisa memasak air atau mie instan di sana, kita juga bisa tahan beberapa hari dari badai salju. jadi bisa di bilang tenda ini 3 in 1 kawan, sebagai kamar tidur, dapur, sekaligus tempat buang air.

Saat ini portaledge camp semakin banyak yang melakukanya, sebenar nya kegiatan ini tidak hanya bisa di lakukan di tebing kawan, bisa juga di atas pohon yang cukup memadai. Banyak tempat wisata yang menawarkan untuk berkemah di atas pohon, seperti di bavaria jerman. Berkemah di ketinggian memang bukan lah hal yang bisa dilaukan semua orang, karna banyak modal yang harus di siapkan. Seperti mencari waktu yang pas, serta modal duitnya. Namun dengan kegiatan ini kita bisa melihat pemandangan yang begitu indah, Bagi yang  mempunyai phobia takut ketiggian sebaik nya jangan melakukanya, sebab akan sangat beresiko. Kalau anda ingin mencoba silahkan hilang kan phobia nya dengan memulai sesuatu yang lebih rendah, seperti memanjat tangga, hingga memajat atap rumah sendiri. Kebetulan admin sangat suka nongkrong di atas atap rumah, selain udara lebih segar kita juga bisa melihat pemandangan genteng tetangga yang hebat (bagi yang tinggal di pemukiman kota). 


Catatan dari admin, kalian menabung untuk mencari pengalaman akan lebih berharga dan di ingat dibandingkan kalian membeli barang/makanan.

Posting Komentar

0 Komentar