Header Ads Widget

Bukan Hanya Manusia Yang Bisa Kesepian, Pohon juga bisa

Pohon Bernama Ence Phalartos woodii merupakan pohon paling kesepian di dunia, pasal nya ia di perkirakan keturunan terakhir dari spesies nya. Tahun 1895, Seorang ahli botani bernama John Medley Wood sedang berada di lereng curam di Zululand afrika selatan. ia memperhatikan sebuah yang terlihat menarik. dr. Wood bekerja sebagai pengumpul tanaman langka, penasaran dengan banyak batang dan daun palem melengkung, ia lalu memindahkan beberapa batang ke kotak dan mengirim nya. Wood mengirim pohon itu ke london, tepat nya di Rumah Palem di royal Botanical Gardens of Kew, pohon itu pun akhir nya mempunyai pasangan, di mana ia telah menunggu selama lebih dari seabad. Sudah banyak upaya yang dilakukan untuk menemukan pasangan Encephlartos woodii, meskipun begitu ia tetap sendirian. Pohon ini tidak bisa menghasilkan keturunan dan memperbanyak spesies nya sendiri. ia sudah ada sejak zaman kretaseus.

Karena ia tak bisa menghasilkan keturunan, banyak orang menyebut nya sebagai pohon paling kesepian di dunia. Dulu pohon ini banyak tersebar di mana-mana, tepatnya 200 juta tahun lalu di zaman dinosaurus. Sekira 20 persen tanaman sudah mereka bentuk, beberapa spesies dinosaurus menjadikan nya tempat berlindung, ada juga yang menjadikanya sebagai makanan.

Pohon ini pernah hidup di lima zaman es, mereka beradaptasi dan hidup berdampingan dengan spesies tanaman baru, tetapi seiring berjalanya waktu jumlah mereka semakin banyak berkurang. yang awalnya jutaan spesimen menjadi ribuan.

Mungkin saat ini hanya ada satu yang tersisa di bumi, dan yang terakhir ini berkelamin jantan. Umum nya setiap tanaman mempunyai organ kelamin jantan dan betina, tetapi encephalartos hanya memiliki satu. spesimen yang dikenal di Royan Botanical Gardens of kew ini memrlukan pasangan betina untuk menghasilkn keturunan.

Pohon ini sangat unik, ia akan mempunyai banyak serbuk sari dari kerucut besar yang berwarna-warni yang di hasilkan setiap kali ia kawin. ia mempunyai tanda saat ia siap untuk kawin, ia akan memancarkan panas atau menghasilkan bau untuk menarik penyerbuk.

Sumber: okezone.com
                Dilansir dari oddity central, selasa (14/7/2020)

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Waduh pohon langka ya, harus di lestarikan tuh!

    BalasHapus
  2. Ternyata pohon Ence Phalartos Woodii adalah pohon yang paling kesepian, kirain manusia doang yang bisa kesepian, wkwk

    BalasHapus
  3. Kasian.... Tapi bagaimana cara mengetahui umur pohon tersebut dan keberadaan pohon pada zaman apa saja? Jika dinosaurus mungkin diteliti tulang belulangnya. Jika pohon ini, kira-kira bagian apa ya? apalagi dia solo gitu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya baca di artikel yang lebih lengkap, itu keturunan nya kk. Istilah nya sama kayak dino yang masih ada sekarang (komodo)

      Maaf kalau salah kk

      Hapus
  4. Wah sayang banget ya kalo pohon langka kayak gini cuma tinggal satu dan nggak bisa dikembangbiakkan. Nggak ada riset khusus kah yang meneliti biar pohon ini punya "keturunan"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bang, dan katanya kelamin nya hanya jantan. Sehingga tidak bisa melahirkan bibit baru saat penyerbukan

      Hapus
  5. Namanya juga tumbuhan, suatu mahkluk yang diciptakan Tuhan dan sudah ditentukan bagaimana cara melakukan kehidupannya.
    Beda dengan Manusia, mahkluk Sosial ciptaan Tuhan agar bisa bersosialisasi dengan sesama Manusia.

    BalasHapus
  6. Sayang sekali, lbh cocok dikatakan terancam punah ketimbang kesepian, apakah para peneliti bisa menemukan solusi bagaimana agar pohon tersebut bisa berkembang biak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut hasil riset yang saya baca, sayang nya gabisa masahen. karna dia cuma punya satu alat kelamin. sementara untuk penyerbukan butuh dua.

      Hapus
  7. Kok saya sedih membaca ini, pohon juga bisa kesepian gak cuman manusia yah :'(

    BalasHapus
  8. Akan menarik sepertinya jika ada seorang penyair yang kesepian, lalu duduk bersandar di batang pohon kesepian ini, sembari menulis sajak. Pasti akan lahir sajak-sajak kesepian yang penuh guratan luka. Duh.

    BalasHapus
  9. Pohon kesepi karena tidak ada keturunan lagi. Hanya sebatang kara sudah melewati berbagi masa dan kondisi tentunya. Hhe
    Pohon tertua sejak zaman dinosaurus

    Saya daoakan semoga pohon ini segera mendapatkan pasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang nya sampai sekarang belum ditemukan bang adam. perkiraan besar nya dia yang terkahir.

      Hapus
  10. Wah kasian banget pohonnya, bukan manusia saja yang kesepian ternyata.

    BalasHapus
  11. menarik min, bagus banget artikelnya, semoga kita dapat melestarikan flora dan fauna indonesia #Amin

    BalasHapus
  12. Baru tau ada pohon setua itu..
    Sayangnya gak tumbuh di Indonesia.
    Cara biakinnya gimana ya?

    iotomagz_tio

    BalasHapus
  13. Unik banget si ini pohon.. Cuman punya satu jenis kelamin doang.. Ini datanya emang udah bener kalo pohonnya tinggal satu"nya bgt kahh

    BalasHapus
  14. Allah SWT menciptakan makhluk hidup itu berpasang-pasangan. Saya rasa mungkin pasangan pohon ini belum ketemu saja ini. 😄

    BalasHapus
  15. Pohon yang Bernama Ence Phalartos woodii pohon paling kesepian di dunia, ternyata pohon juga bisa kesepian

    BalasHapus