Header Ads Widget

Mengenal Artificial Intelligence, Dan Cara Kerja Nya | ADVANCE



Bijak-ist.blogspot.com - Peradaban manusia sekarang telah  memasuki zaman di mana robot telah merubah banyak hal dalam sejarah. Yang awal nya manusia yang bekerja, sekarang mesin lah yang menggantikan nya. Kita sebut hal ini dengan Revolusi industri 4.0, apa itu industri 4.0 ?menurut wikipedia industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. 

Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Salah satu teknologi yang cukup memegang peran penting pada implementasi industri 4.0 adalah kecerdasan buatan atau yang di sebut Artificial intelligence (AI). Menurut wikipedia AI adalah kecerdasan yang ditambahkan pada suatu sistem. Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubung dengan dengan perilaku, pembelajaran dan, adaptasi  yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian AImenyangkut pembuatan mesin dan program komputer untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas.


Dengan menciptakan artificial neural network menggunakan metode deep learning, pembentukan AI robot yang terinspirasi dari struktur dan fungsi neuron yang ada di otak manusia. AI dapat belajar dan terus meningkatkan kemampuan nya sendiri berdasarkan pengalamanya seperti manusia pada umum nya, deep learning ini sangat serupa dengan proses kita belajar saat bayi. Kita lahir dan tidak mengetahui apa-apa tapi sepanjang waktu kita terus belajar dari pengalaman kita maupun pengalaman orang lain.Kita  belajar dari melakukan observasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar dengan bantuan indra kita.


Dalam beberapa film science fiction beberapa tahun terakhir, tidak jarang AI yang menjadi topik dalam film tersebut. Misal kan film terminator yang di sutradarai oleh James cameron atau film  avenger maupun iron-man yang terkenal akan the jarvis dan ultron. apa yang di tunjukan dalam film tersebut adalah apa yang di sebut dengan artifical general intelligence atau artfical super intelligence. Artifical general intelligence adalah AI yang memiliki lebih dari satu kegunaan yang memilikikecerdasan hampir atau setara dengan kecerdasan manusia, sedang kan artifical super intelligence adalah AI yang memiliki kecerdasan diatas pengetahuan dan kemampuan manusia.

Misal nya kita melihat komputer yang ada saat ini, transistor yang ada dalam komputer modern beroperasi dengan kekuatan 2 GHz yang dapat mentransmisikan informasi dengan kecepatan cahaya, sedang kan saraf otak manusia hanya memiliki kekuatan 200 Hz dan saraf otak atau aksen mentransmisikan infomasi secepat 200 m/s yang artinya hanya 1/3 dari kecepatan suara. Dengan kecepatan ratusan ribu hingga jutaan kali lipat,komputer modern hari ini hanya membutuhkan waktu 40 hari untuk memiliki akumulasi pengetahuan yang dimiliki manusia selama ribuan tahun. Dan ini sudah di buktikan oleh AlphaGO Zero, sebuah AI yang di kembangkan oleh google yang dalam waktu tiga hari mengalah kan AlphaGO. apa itu AlphaGo?, tentunya ia berbeda dengan AlphaGo Zero. Untuk lebih lanjut mengenai AlphaGo dan cara kerja AI, silakan baca artikel beriikut,




Posting Komentar

2 Komentar

  1. Seperti nya semakin hari perkembangan teknologi robot untuk memudahkan manusia semakin berkembang...🤔🤔

    BalasHapus
  2. Bisa membahayakan ya kalau melampaui batas.

    BalasHapus